Kamelia, Siswa Teknik Gambar Bangunan Juara Maca Geguritan

Budaya dan bahasa Jawa ditengah hiruk pikuk arus globalisasi dan modernisasi  saat ini masih menunjukkan eksistensinya sebagai salah satu warisan penting untuk terus dilestarikan generasi muda saat ini. Hal tersebut terlihat dengan kemeriahan dan antusias para peserta lomba Maca Macapat dan Geguritan dalam pekan seni pelajar SMP dan SMA/SMK yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Magetan. Para peserta menampilkan dengan kualitas yang maksimal.

Salah satu peserta Maca geguritan yaitu Kamelia Nur Fitri begitu luwes membawakan Tembang jawa tersebut dan berhasil menjadi salah satu Jawara dengan menjadi Juara 2 Maca Geguritan. yang menarik untuk diperhatikan bahwa Fitri sapaan akrabnya adalah siswa SMK lebih tepatnya kelas X Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Bendo yang dituntut untuk penguasaan Kejuruan namun tidak meninggalkan kebudayaan daerah dibawah pembinaan Tim MGMP bahasa Jawa SMK N 1 Bendo yaitu Ibu Armida, Ibu Unik dan Ibu Rohyana.

“SMK Negeri 1 Bendo Selain Fokus untuk pengembangan pengetahuan dan ketrampilan dalam berbagai bidang rekayasa teknologi juga turut serta untuk melestarikan kebudayaan lokal yang menjunjung kearifan warisan leluhur, mata Pelajaran Bahasa Jawa adalah salah satunya” tutur Ibu Unik saat ditemui. Harapan Kedepannya semoga event-event seperti ini sering diadakan untuk menumbuhkan bakat dan kecintaan pada bahasa dan budaya jawa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *