148 Siswa SMK negeri 1 Bendo Magetan lulus sertifikasi bidang konstruksi

148 Siswa SMK negeri 1 Bendo Magetan lulus sertifikasi bidang konstruksi

Senin 15 April 2019, sebanyak 148 siswa SMK Bendo mengikuti sertifikasi kompetensi keahlian yang langsung ditangani oleh lembaga bidang konstruksi setingkat nasional diantaranya Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Surabaya, P4TK VEDC BOE Malang, Kementerian PUPR dan Gabungan Pengusaha Seluruh Indonesia (GAPENSI) Bidang Konstruksi. Program Sertifikasi ini berlangsung 2 hari dengan peserta adalah siswa kompetensi keahlian Konstruksi Batu dan Beton (KBB) dan Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan (TGB). Program ini adalah program kali kedua yang diterima SMK Negeri 1 Bendo sebagai salah satu SMK terpilih se-Indonesia.

Perlu diketahui bahwa SMK Negeri 1 Bendo untuk Jurusan Bangunan, yaitu KBB dan TGB menjadi kelas industri bekerja sama dengan Kementerian PUPR. Diharapkan dengan adanya Link and Match ini akan meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang konstruksi. Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini pembangunan infrastruktur sedang digalakkan dan tentunya membutuhkan tenaga kerja yang berkompeten dibidangnya. Untuk memenuhi tuntutan kebutuhan akan tenaga kerja yang terampil dan bersertifikat kompeten dari lembaga sertifikasi resmi maka diselenggarakanlah program kerja sama antara SMK jurusan bangunan sebagai penyedia tenaga kerja dan Kementerian PUPR sebagai pengguna tenaga kerja terampil.

Meninjau langsung proses uji kompetensi dengan uji teori dilanjut dengan uji praktik. Satu hal yang menarik untuk menjadi catatan bahwa di SMKN 1 Bendo sudah dibudayakan untuk APD, terlihat selama mengikuti uji praktik peserta secara sadar menggunakan dan kegiatan sertifikasi berjalan lancar.

Setelah berlangsung selama 2 hari penuh, acara ditutup dan disaat itu juga sebanyak 148 peserta uji sertifikasi kompetensi keahlian dinyatakan kompeten dan berhak menerima sertifikat dari lembaga sertifikasi profesi. Drs. S. Eko Soeprajitno, M.Pd selaku Kepala SMKN 1 Bendo menyampaikan ucapan terima kasih atas kerja sama semua pihak atas kelancaran kegiatan ini, baik dari Pemateri, Asesor, Bapak ibu guru serta siswa semuanya. “Sudah bukan jaman nya harus minder ketika kalian masuk di jurusan bangunan, level kalian bukan sebagai tenaga kuli tapi sudah pengawas keatas dan sudah dinyatakan berkompeten, dan tentunya harus diikuti never ending learning”. Imbuhnya untuk memotivasi siswa peserta ujian.

Dari KBB dan TGB SMKN 1 Bendo untuk Indonesia Jaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *