SMKN 1 Bendo Menyabet Medali Emas dan Perak di Ajang LKS Nasional 2019

SMKN 1 Bendo kembali menunjukkan eksistensinya, torehan prestasi terbaru adalah dengan menjadi Jawara di Ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tingkat Nasional yang baru saja dihelat di kota gudeg yaitu D.I. Yogyakarta tepatnya di Jogjakarta Expo Center. SMKN 1 Bendo menyumbang 1 Emas dan 1 Perak untuk kontingen LKS Jawa Timur. Sumbangan medali Emas atau juara 1 disumbangkan Syahroni pada bidang lomba Motorcycle Technology dan medali Perak atau juara 2 disumbangkan Sugiarto pada bidang lomba Plumbing and Heating. Sedangkan tim Landscaping and Gargening harus mengakui ketangguhan tim dari propinsi lain, namun pengalaman yang didapat sungguh luar biasa.

Syahroni menjadi jawara setelah menyelesaikan semua tugas yang diberikan yang terdiri dari beberapa job dengan standar yang ditetapkan oleh dewan juri. Salah satu job yang dikerjakan adalah menyelesaikan troubleshooting pada sepeda motor matic injection. Selain hasil akhir dan waktu yang memuaskan, tentunya proses mengerjakan juga memenuhi SOP. Perlu diketahui bahwa sebelum menjuarai LKS, Syahroni juga menjadi Jawara Nasional dalam ajang Honda Student Skill Competition (HSSC) di Jakarta dan berhak mendapat beasiswa penuh kuliah di Polman Astra.

Jawara Kedua dari SMKN 1 Bendo adalah Sugiarto, siswa berpenampilan tenang dengan ciri khas memakai peci ini adalah siswa Jurusan Bisnis Konstruksi dan Properti. Dalam bidang lomba ini selain menekankan pada kecermatan hitungan, skill yang mumpuni serta update teknologi pada bidang sanitarian.

Pengalaman luar biasa juga didapat SMK dengan mengirim tim LKS bidang Lomba Landscaping and Gardening untuk pertama kali pada tingkat Nasional. Pada bidang lomba ini bukan hanya kesedar menanam tanaman hias tapi dituntut olah gambar kerja dan seni estetika tinggi. “Kita belum bisa juara, tapi pengalaman tahun ini bisa buat pelajaran berharga kita untuk terus belajar. Kedepannya selain untuk lomba, kemampuan landscaping and gardening bisa kita kembangkan untuk unit produksi dan pelayanan jasa bidang pertamanan untuk masyarakat yang membutuhkan”

Ditemui ditempat terpisah, Drs. S. Eko Suprajitno, M.Pd selaku kepala SMKN 1 Bendo mengaku senang dan bangga atas torehan prestasi siswanya. “Selamat untuk anak-anakku atas usaha dan prestasinya mengharumkan nama SMK dan Jawa Timur, Tak terlupa terima kasih untuk para pembimbing, bapak ibu guru serta semua pihak yang doa dan dukungannya”. Tidak ketinggalan, beliau berpesan juga untuk adik-adik kelas yang masih bersekolah untuk terus giat belajar, tekun, serta disiplin untuk bisa menjadi “The Champion” pada ajang-ajang kompetisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *