Sejarah

SMK Negeri 1 Bendo didirikan pada tahun 2001 untuk mewujudkan aspirasi masyarakat peduli tentang pentingnya pendidikan. Organisasi dan tata kerjanya diatur  berdasarkan Surat Keputusan Bupati Magetan Nomor : 74 Tahun 2001.

Tugas pokok yang diembannya adalah mengembangkan pendidikan kejuruan kelompok teknologi industri. Lingkup, jenis pendidikan dan pelatihan adalah dalam bidang teknologi yang meliputi 8 kompetensi keahlian yaitu : Teknik Gambar Bangunan, Teknik Konstruksi Batu Beton, Teknik Instalasi Tenaga Listrik, Teknik Pengelasan, Teknik Audio Video, Multi Media, Teknik Kendaraan Ringan, dan Teknik Sepeda Motor. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, yang sangat mempengaruhi tuntutan terhadap kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja, khususnya tenaga kerja tingkat menengah, maka SMK Negeri 1 Bendo berupaya menyiapkan siswa untuk dapat mendayagunakan ilmu pengetahuan dan teknologi mutakhir, berpandangan jauh ke depan, tanggap dan responsive terhadap segala perubahan atau perkembangan.

Untuk mencapai tujuan tersebut SMK Negeri 1 Bendo mengembangkan konsep pendidikan yang mengarah pada kualitas lulusan yang berintelektual dan professional yaitu lulusan yang  berkualitas tinggi secara moral, intelektual dan professional melalui system pengajaran yang intensif dan pembinaan kesiswaan yang terpadu dan berkesinambungan sehingga mampu bersaing di era global.