Teknik Pendingin dan Tata Udara

Teknik Pendingin dan Tata Udara

 

TEKNIK PENDINGIN DAN TAT UDARA SMKN 1 BENDO MAGETAN

 

 

Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU)

SMKN 1 Bendo Magetan merupakan lembaga pendidikan yang berada di Kabupaten Magetan. SMKN 1 Bendo mengusung slogan Sekolah Desa Rasa Kota Prestasi Indonesia. Seiring berkembangnya teknologi, terutama berada di era industry 4.0, semua sekolah berlomba-lomba untuk mempersiapkan peserta didik menghadapi persaingan yang ada di masa mendatang.

 

SMKN 1 Bendo Magetan turut ber evolusi demi tujuan menyediakan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Setelah 18 tahun berdirinya, SMK Bendo semakin giat menlengkapi segala kebutuhan yang diperlukan oleh Pihak Dunia Industri. Setelah beberapa tahun bertahan dengan 8 jurusan, akhirnya SMKN 1 Bendo membuka Program Keahlian Baru yaitu Teknik Pendingin dan Tata Udara.

Teknik Pendingin dan Tata Udara (Refrigeration) merupakan jurusan teknik yang berkonsentrasi penuh pada teknologi pengaturan temperatur udara sesuai dengan kebutuhan yang dikehandaki mencakup kebutuhan ruangan dan prosesing pengawetan bahan pangan, serta pelayanan/produksi, pemeliharaan dan perawatan (maintenance) dan pengendalian mutu alat-alat pendingin.

 

Teknik Pendingin dan Tata Udara merupakan satu-satunya program yang ada di Jawa Timur bagian barat. Dalam program keahlian ini, siswa akan dipandu untuk menguasai keterampilan perawatan dan perbaikan Sistim Pendingin Dan Tata Udara (perangkat teknik yang memanfaatkan teknologi pendingin antara lain; Lemari Pendingin/Refrigerator/kulkas dan AC/Air Conditioner, freezer, kompresor, dlsb. ) Kompetensi utama yang disajikan dalam program ini adalah :

 

Secara khusus tujuan Program Keahlian Teknik pendingin dan tata Udara adalah membekali peserta didik dengan keterampilan, pengetahuan dan sikap agar kompeten, serta  pendampingan praktek  secara langsung dari Team PT.  PANASONIC:

 

  1. Menguji Unjuk Kerja Sistem Pendingin dan Tata Udara.
  2. Mengisi Sistem Pendingin dan Tata Udara.
  3. Memelihara dan Memperbaiki Peralatan Pendingin dan Tata Udara.
  4. Memasang/Instalasi Peralatan Pendingin dan Tata Udara.

 

 

Dengan dukungan penuh dari PT. Panasonic Gobel Indonesia, diharapkan para siswa-siswi  jurusan Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) mampu memenuhi tantangan global serta sesuai harapan Dunia Industri.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *