Melenggang ke Propinsi Jawa Timur di Ajang Lomba Literasi

 

Melenggang ke Propinsi Jawa Timur di Ajang Lomba Literasi

Oleh: Karmi, S.S.

Anugerah terindah di bulan Agustus 2022, ketika didaulat mewakili Kabupaten Magetan dalam “Lomba Cerdas Cermat bertema wawasan kebangsaan” di tingkat propinsi. Persyaratan pendaftaran adalah menulis karya tulis berupa essay. Durasi pengumuman dan pengumpulan hasil karya sebagai persyaratan utama pendaftaran hanya seminggu. Sempat bimbang antara mengikuti dan tidak. Enam calon atlet sudah terlanjur fokus kegiatan literasi  lainnya.

Fabfilter Total Bundle VST Crack

Perlombaan tingkat kabupaten menjadi pertimbangan adanya peluang keberuntungan. Dengan gerak cepat mengumpulkan anak yang memiliki keterampilan dan pengetahuan menonjol. Peserta lomba adalah team. Satu team ada tiga anak. Pilihan jatuh kepada Ika Putri Mayangsari (XI Audio Video 1), Putra Fajar Hidayatullah (X Instalasi Tenaga Listrik 2), dan Dierly Kusworo (X Teknik Kendaraan Ringan 2). Saya ajak mereka koordinasi serta menanyakan kesanggupan.

Bermodal HP yang dimiliki, kami memulai bekerja. Mulai mencari tahu tentang bagaimana menulis karya tulis essay. Menentukan topik yang akan ditulis. Mengumpulkan data-data pendukung. Mengolah data yang diperoleh terutama kesesuaian informasi dengan topik. Tahap yang paling sulit adalah menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

Saya belum mempunyai pengalaman dalam menulis essay. Namun ada keyakinan yaitu mencoba lebih bagus. Mengenai benar atau tidaknya dalam menulis essay, dipikirkan nanti. Topik yang akan ditulis kami desain dalam beberapa permasalahan. Permasalahan cukup tiga untuk memudahkan pembahasan. Masing-masing anak membahas satu permasalahan. Kami memanfaatkan chatting WhatsApp untuk mempermudah kerja . Kebetulan anak yang terpilih mengikuti lomba tidak memiliki laptop. Saya menyediakan laptop.

Waktu yang singkat benar-benar kami manfaatkan. Beberapa kali masing-masing anak harus revisi. Tulisan mereka terkadang tidak relevan dengan topik. Saya juga menemukan pembahasan yang terlalu panjang lebar. Justru hal ini akan mengaburkan inti pembahasan. Dengan ketekunan dan kerja keras mereka mampu menyelesaikan karya tulis essay. Tepatnya tanggal 11 Agustus 2022 pukul 12.00 WIB karya tulis sudah selesai. Namun ada beberapa persyaratan administrasi yang belum terselesaikan. Pukul 13.30 WIB kelengkapan administrasi calon peserta terpenuhi. Dibantu mas Agung dan teman lainnya, kami berhasil mendaftar sekaligus mengirimkan persyaratan.

Pada tanggal 16 Agustus 2022, team kami mendapatkan undangan sosialisasi lomba cerdas cermat tingkat propinsi. Kami menghadiri undangan tersebut. Alhamdulillah, team kami yang saya beri nama “Kanebsa Menulis” mampu menggeser 12 peserta dari SMA/SMK/MA negeri dan swasta di Kabupaten Magetan. Juara 1 kami sabet, merupakan capaian yang luar biasa bagi pemula. Rasa senang, bangga dan terharu kepada team kami. Ada 12 peserta yang mengikuti perlombaan, namun 1 peserta telat dalam mendaftarkan. Panitia mendiskualifikasi peserta yang terlambat mendaftar.

Ternyata untuk mengikuti suatu perlombaan, dibutuhkan kerja keras. Butuh ketepatan menafsirkan informasi. Butuh keberanian untuk mencoba. Hal terpenting adalah disiplin dalam mengelola waktu. Terima kasih anak-anak, kepada segenap guru dan karyawan SMKN 1 Bendo yang selalu mensuport kami. Mohon doanya, semoga di ajang perlombaan tingkat propinsi di bidang literasi membawa nama baik lembaga. Aamiim.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *