INFORMASI SEKILAS MENGENAI PRAKTEK KERJA INDUSTRI DI LINGKUNGAN SMK

Prakerin (Praktik Kerja Industri) adalah kegiatan pendidikan, pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri yang relevan dengan kompetensi (kemampuan) siswa sesuai bidangnya.

Sebelum membahas tentang tujuan prakerin, penting untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan prakerin tersebut. Seperti yang sudah dijelaskan seebelumnya, prakerin merupakan kegiatan yang diupayakan dari sekolah yang melibatkan siswa/siswi SMK (Sekolak Menengah Kejuruan) dan dilaksanakan di dunia industri untuk tujuan pendidikan.

Alasan utama mengapa para siswa/siswi harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuai bidangnya agar dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri tidak mengalami kendala yang berarti dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam proses praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga Kejuruan terkait.

Pelatihan dan pembelajaran yang dilaksanakan di dunia usaha atau dunia industri dalam upaya pendekatan ataupun untuk meningkatkan mutu siswa/siswi SMK dengan kompetensi atau kemampuan siswa sesuai bidangnya serta menambah bekal di masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak dan ketat dalam persaingannya.

Untuk kegiatan Prakerin di SMK N 1 Bendo Magetan kusus nya untuk jurusan Teknik Audio Video sudah berjalan bagus. Bahkan sudah bekerjasama dengan beberapa perusahaan besar seperti PT PANASONIC MANUFACTURING INDONESIA, PT SAMSUNG INDONESIA, PT POLYTRON , bahkan sudah menggandeng dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun.

Manfaat siswa setelah melakukan kegiatan Prakerin

  1. Mengenalkan Siswa Pada Pekerjaan Lapangan

Manfaat PKL yang pertama adalah untuk mengenalkan siswa pada lingkungan kerja di dunia industri dan usaha. Dengan begitu, ketika mereka terjun ke lapangan pekerjaan yang sesungguhnya, diharapkan mereka tidak canggung dan dapat beradaptasi dengan cepat

  1. Menambah Keterampilan

Manfaat PKL yang kedua yakni untuk menambah keterampilan, pengetahuan, gagasan-gagasan tentang dunia usaha serta industri yang professional. Pengetahuan dan keterampilan ini akan menjadi modal yang bermanfaat bagi siswa ketika mereka terjun ke dunia industri.

 

 

  1. Mengasah Keterampilan

Manfaat PKL yang ketiga yakni dapat membantu mengasah keterampilan yang sebelumnya telah diberikan di sekolah. Dengan mengikuti kegiatan PKL, diharapkan keterampilan para siswa dapat semakin terasah.

  1. Menjalin Kerja Sama

Manfaat PKL yang kelima adalah dapat menjalin kerja sama. Kegiatan PKL tidak hanya bermanfaat bagi para siswa, namun sekolah pun juga dapat merasakan manfaatnya. Dengan adanya kegiatan PKL, dapat menciptakan kerja sama yang baik antara sekolah dan perusahaan terkait, baik dalam dunia usaha maupun dunia industri.

  1. Mempersiapkan SDM Berkualitas

Manfaat PKL yang berikutnya yaitu untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan di era saat ini. Seiring dengan perkembangan zaman, tentu perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang bisa mengikuti perkembangan zaman. Oleh sebab itu para siswa diasah dan dibimbing agar bisa berkembang sesuai kebutuhan di era teknologi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *